Teori Model Atom Dalton




Istilah atom bahwasanya telah dikemukakan oleh filsuf Yunani yaitu Democritus. Menurut Democritus, materi tidak sanggup dibelah setutorial terus-menerus. Maksudnya, pembelahan materi akan hingga pada suatu tingkat yang tidak sanggup dibagi lagi. Bagian yang sudah tidak sanggup dibagi lagi itu disebut dengan atom. Selama beberapa abad, konsep mengenai atom Democritus dilupakan orang. Pada tahun 1803 John Dalton mengemukakan postulat mengenai atom. Postulat itu dikemukakan menurut pengukuran kuantitatif dari reaksi kimia. Isi postulat Dalton adalah sebagai berikut...
a. Materi tersusun atas sejumlah partikel kecil yang tidak sanggup dibagi lagi. Partikel itu disebut atom. 
b. Atom-atom suatu unsur identik dalam segala hal, baik volume, bentuk, maupun massanya dan berbeda dengan atom-atom penyusun atom lain. 
c. Dalam perubahan kimia, terjadi penggabungan atau pemisahan atom. Selanjutnya, atom-atom itu ditata ulang sehingga membentuk komposisi tertentu. 
d. Atom sanggup bergabung dengan atom lain untuk membentuk molekul angka perbandingan bundar dan sederhana

Postulat Dalton pertama mempertegas pendaat Democritus yang menyatakan jikalau suatu materi terus dibagi, suatu dikala akan hingga pada suatu partikel yang tidak sanggup dibagi lagi, partikel itu disebut atom 

Postulat Dalton kedua merupakan gagasan gres dari Dalton. Menurut Dalton, atom merupakan unsur terkecil dari suatu unsur yang masih mempunyai sifat unsur itu. 

Postulat ketiga didasarkan pada aturan konversi massa dari Lavoisier, yaitu dalam reaksi kimia massa zat tidak berubah. Maksudnya, massa sebelum dan setelah reaksi yaitu sama. Oleh alasannya itu, tidak ada atom yang hilang atau tercipta dalam suatu reaksi kimia. Dengan kata lain, perubahan yang terjadi hanyalah berupa pemisahan dan penggabungan antaratom. 

Postulat keempat merupakan konsep molekul, yaitu antaratom sanggup bergabung membentuk suatu molekul. Atom itu sanggup sejenis atau tidak sejenis. Jika yang bergabung atom sejenis, penggabungan itu membentuk molekul unsur. Jika yang bergabng atom tidak sejenis, penggabungan itu membentuk senyawa. Dalam penggunaan sehari-hari, istilah molekul unsur dan molekul senyawa cukup ditulis unsur dan senyawa.

Ciri-Ciri Model Atom Dalton

  • Atom digambarkan sebagai bola pejal yang sangat kecil 
  • Atom meruakan partikel kecil yang tidak sanggup dibagi lagi 
  • Atom suatu unsur sama mempunyai sifat yang sama, sedangkan atom unsur berbeda, berlainan dalam massa dan sifatnya. 
  • Senyawa terbentuk jikalau atom bergabung satu sama lain 
  • Reaksi kimia hanyalah reorganisasi dari atom-atom, sehingga tidak ada atom yang berubah akhir reaksi kimia. 

Kelebihan Model Atom Dalton dan Kelemahan Model Atom Dalton 

a. Kelebihan Model Atom Dalton 
  • Teori atom dalton merupakan teori pokok yang menciptakan ilmuan lain tertarik untuk mempelajari atom setutorial mendalam sehingga terdapat model-model atom yang lebih kompleks. 
b. Kelemahan Model Atom Dalton
  • Tidak sanggup menjelaskan sifat listrik dari materi 
  • Tidak daat menjelaskan perbedaan antar atom yang satu dengan atom yang lain 
  • Tidak sanggup menjelaskan wacana tutorial atom saling berkaitan 
  • Atom bahwasanya sanggup menciptakan partikel semakin kecil.. hal ini bertentangan dengan teori dalton bahwa atom tidak sanggup dibagi lagi.  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Guppy & Cupang

39 Alat-Alat Laboratorium Kimia Beserta Fungsinya

Teori Atom Bohr